Jumat, 21 Agustus 2009

Sambut Ramadhan 1430 H dengan “Bersih Hati Kembali Fitrah”

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1430 H, Gerakan Mukena Bersih (GMB) menggelar acara talkshow bertajuk “Bersih Hati Kembali Fitrah”. Acara yang digelar pada Jumat (14/08/09) pekan lalu, di mp Book Point ini, bertujuan untuk mengajak kaum muslimin & muslimat mengambil keberkahan Ramadhan dengan melakukan aktifitas positif. Salah satunya dengan menjaga kebersihan perlengkapan ibadah shalat, khususnya mukena. Hadir dalam acara talkshow tersebut adalah Gita Saraswati, Ketua GMB, Ustd. Husein Shahab, dan Bapak Haidar Bagir, Cendekiawan Islam.

“Gerakan Mukena Bersih (GMB) mengupayakan tersedianya mukena yang bersih di tempat ibadah umum (masjid & mushola) yang dalam prosesnya melibatkan berbagai unsur dalam masyarakat. Kebersihan perangkat shalat mutlak dijaga dan menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai umat Islam,” ujar Gita Saraswati, dalam siaran persnya.

GMB ini bersifat nirlaba dan berbasis relawan. Dimana kegiatan utamanya adalah pengadaan mukena dan pemeliharaan mukena bagi sarana umum. Untuk pengadaannya, GMB melakukan penggalangan dana dan mengundang partsipasi masyarakat dalam menyediakan bahan, mencetak sablon mukena dan mencetak poster GMB. Sementara untuk pemeliharaan mukena, GMB melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dengan menerima pendaftaran para relawan pemelihara yang dilakukan kapan dan dimana saja, diberbagai komunitas masyarakat seperti di pengajian-pengajian.

Menurut Ustd. Husein Shahab, Gerakan Mukena Bersih (GMB) ini mengajarkan sebuah makna yang sangat luhur, bahwa untuk menjadi berarti dan menjadi seorang yang bermanfaat dalam kehidupan ini bisa dilakukan dari hal-hal kecil seperti memelihara mukena.

Guna mendukung kegiatannya, GMB memiliki data base, yang menghubungkan setiap individu baik donatur, relawan pemelihara maupun relawan pendukung lainnya dalam satu komunitas Keluarga Besar Gerakan Mukena Bersih (GMB). Karena itulah saat ini, GMB tengah memikirkan untuk mengupayakan sebuah information system yang lebih memadai. Dan dalam kesempatan ini pula GMB ingin mengundang dukungan para profesional khususnya para profesional dibidang IT untuk menyumbangkan pemikiran dan kerjanya dalam sebuah tim kerja GMB yang akan dibentuk dalam waktu dekat.

“Harapan GMB kedepan adalah apabila kita bersama dapat belajar menggunakan hati dan memiliki sikap lebih positif yang sejalan dengan nilai-nilai Islami dalam kehidupan nyata sehari-hari, kebersihan spiritual dalam masyarakat kita Insya Allah dapat ditingkatkan dan terjaga,” ujar Gita menutup keterangan pers-nya.

Sumber : conectique

Tidak ada komentar: