Selasa, 04 Agustus 2009

6 UIN realisasi MoU dengan ITB

Sebanyak enam Universitas Islam Negeri telah merealisasi kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam pengembangan dan penguatan Fakultas Saintek dengan menggelar progress report implementasi MoU yang diteken pada Desember 2008 lalu. Keenam UIN itu yakni Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Alauddin Makassar dan UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Pembantu Rektor IV UIN SUnan Kalijaga Prof Siswanto Masruri yang ditemui di sela-sela workshop mengatakan, tujuan dibentuknya UIN-ITB partnership, antara lain untuk memperkuat prodi-prodi “umum” Fakultas Saintek UIN, dengan tetap mengaju pada studi-studi keislaman. Ke depan, Keenam UIN bercita-cita menjadi research university yang tak kalah dengan ITB, UGM maupun UI.

"Kami ingin memberikan sentuhan teknologi pada kajian agama Islam pada fakultas agama di UIN, sehingga bisa saling menyapa dan bekerjasama secara integratif-interkonektif antara agama dan teknologi," kata Siswanto. Ketua tim dari ITB , Prof Munawar Ahmad menyampaikan, menilai kerja sama ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas."Jika UIN kuat, masyarakat umum dan pondok pesantren juga akan kuat. Islam juga akan menjadi kuat dan akan sangat diperhitungkan oleh negara-negara barat," ujarnya.

Tidak ada komentar: