Senin, 08 Desember 2008

Warga Jakarta Rentan Sakit Maag

Taukah Anda sekitar 50% warga Jakarta menderita penyakit maag? Bahkan diantaranya ada yang mengalami kelainan organik?

Menurut Dr.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB dari Divisi Gastroenterologi- Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSUPN Cipto Mangunkusumo, dari hasil penelitian yang dilakukan RSCM pada sekitar 100 pasien dengan keluhan dispepsia, didapatkan 20% penderita yang mengalami kelainan organik. Kelainan ini ditemukan setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan endoskopi.

Suatu penelitian lain dengan jumlah pasien yang cukup besar dan melibatkan pusat endoskopi pada beberapa kota di Indonesia juga menunjukkan tingginya penderita maag kronis. Dari 7.092 kasus dispepsia yang dilakukan endoskopi, ditemukan 86,41% penderita mengalami dispepsia fungsional. Data-data penelitian dari luar negeri juga menunjukan angka yang tidak terlalu jauh berbeda.

Para dokter yang melakukan sebuah riset sederhana di Rumah sakit Cipto Mangunkusumo, mengungkapkan tingginya jumlah penderita penyakit maag kronis di Indonesia dipicu oleh beberapa faktor. Diantaranya karena aktivitas yang padat sehingga mengganggu pola makan, tingkat stress yang tinggi di kota-kota besar, sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang memicu tingginya sekresi asam lambung, yaitu yang mengandung rasa asam, pedas, kecut, berkafeiin tinggi, ataupun mengandung vitamin C dosis tinggi, termasuk buah-buahan.

Source :http://www.conectique.com/

Tidak ada komentar: