Senin, 20 Juli 2009

Proyek USD1 Miliar

Sheikh Mansour bin Zayed Alnahyan menyiapkan dana USD1 miliar (610 juta pounds) untuk transfer dan gaji pemain di tahun pertama menguasai Manchester City (Man City).

Angka sebesar itu akan membawa The Citizens—julukan Man City— menjadi klub olahraga paling boros bagi pemain anyar dalam jangka waktu 12 bulan di dunia.Hingga sekarang Man City telah membayar 480 juta pounds, termasuk pembelian kedatangan Emmanuel Adebayor dari Arsenal. Bomber Togo tersebut digaet dengan biaya transfer 25 juta pounds dan gaji 150.000 pounds per pekan selama lima musim.Belanja Man City bakal mencapai titik USD1 miliar jika Joleon Lescott (Everton) dan John Terry (Chelsea) mendarat di City of Manchester bulan Juli ini.

Masingmasing pemain diperkirakan membutuhkan biaya transfer 20–40 juta pounds dan upah 20–75 juta pounds. Nilai tersebut tidak pelak membuat Man City mencatat sejarah. Chelsea saja membuang 400 juta pounds ketika memborong pemain macam Hernan Crespo, Damien Duff, dan Juan Sebastian Veron pada periode 2003–2004, tahun pertama kehadiran Roman Abramovich. Yang paling mungkin menandingi Man City adalah Real Madrid. Klub asal Spanyol itu bisa mudah menyingkirkan mereka karena baru memulai revolusi di era Florentino Perez dan selesai Mei 2010.

Kemungkinan Madrid menggeser mereka bukanlah hal penting yang patut dikhawatirkan Al-nahyan. Dia sudah menunjukkan kepada dunia bahwa ambisi membangun tim terkuat di muka bumi sangat serius.Pengusaha asal Timur Tengah tersebut tanpa segan membobol bank demi membujuk para pemain bintang agar mau masuk skuad Mark Hughes. Adebayor adalah contoh terakhir. Sekarang Man City membidik Lescott dan Terry.Menyangkut Lescott, proposal 15 juta pounds telah ditolak Everton. Tapi, Man City siap menaikkan tawaran.

Kasus Terry lebih rumit. Man City kesulitan membujuk Chelsea agar melepas kaptennya.Tidak hanya itu, The Citizens juga mesti menghadapi tuntutan pendekatan ilegal. Chelsea merasa Hughes berniat membuat Terry bimbang dengan mengatakan: ”Dia mungkin bosan bertahan lama di satu klub dan ingin mencari tantangan baru.” MendengarpernyataanHughes, Chelsea tidak tinggal diam.

”Tim pengacara kami sedang mempertimbangkan apakah akan meminta otoritas menyelidiki perkara ini atau tidak,”ujar sumber di Chelsea seperti dikutip News of the World. Peristiwa itu tidak pelak membuat Man City mesti hati-hati di masa depan. Sebab, agresivitas di bursa transfer klub yang bermarkas di City of Manchester itu mengesalkan banyak pihak. Selain Chelsea, ArsitekArsenalArsene Wenger juga turut mengungkapkan kekesalannya dan menilai Man City merusak bursa pemain.

Dia enggan mengikuti jejak The Citizens dan memilih menghemat pemasukan uang penjualan Adebayor. ”Kepergiannya memang kami rindukan.Namun, saya masih punya Robin van Persie,Andrei Arshavin, Theo Walcott, Nicklas Bendtner, Eduardo, dan Tomas Rosicky yang sudah sembuh setelah absen 18 bulan,”kata Wenger. Lagi pula,menurut Wenger,pengeluaran besar tak lekas membawa sebuah klub makin hebat. Pandangannya ini sedikit terbukti meski tidak bisa juga dijadikan sebagai acuan.

Beraksi di partai perdana pada pramusim, Man City menyerah 0-2 di tangan Orlando Pirates pada ajang Vodacom Challenge di Stadion Peter Mokaba Stadium,Polokwane,Sabtu (18/7).

Sumber : Seputar Indonesia

Tidak ada komentar: